Selasa, 29 Juli 2014

Pengalaman apply visa Au Pair di Kedutaan Besar Jerman

Kali ini pengen share pengalaman gue waktu apply visa di kedubes Jerman untuk buat visa izin tinggal buat Au Pair. Sekitar akhir mei gue bikin termin di web-nya  kedubes. Pengennya bisa dapat termin yang awal Juni, tapi setelah ngeliat jadwalnya terminnya ternyata baru ada jadwal kosong  tanggal 19 Juni 2014 jam 13.00-13.30 sama jam-jam yang lain yang lebih siang.  Langsung gue booking aja itu tanggal dan jam. Setelah bikin termin, gue dapet email kita konfirmasi dari kedutaannya yang harus kita print da kita bawa pas hari H. Abis itu gue ngasihtau Nicole (Gastmutter gue) kalau gue baru bisa apply visa tanggal segitu.

Syarat-syarat dan dokumen yang diperlukan bisa dilihat di web kedubes  Jerman juga. Intinya yang pas hari H yang gue bawa adalah:
1. Paspor yang masih berlaku
2. Formulir visa nasional yang sudah diisi, dua rangkap (dua-duanya harus asli, bukan fotokopi), formulirnya bisa difotokopi, tapi dua-duanya harus diisi masing-masing pakai tangan :D
3. Befragung nach S 54 Nr.6 des Aufenthaltsgesetzes (AufenthaltG) dan Belehrung gemäß S 55 Abs. 2 nr. 1 des Aufenthaltsgesetzes (AufenthaltG) (semua ada 3 halaman) 2  rangkap  (sama kayak diatas, bisa difotokopi tapi tandatangan masing-masing)
4. Pasfoto Biometris 3 lembar (bisa bikin di Seven Eleven dekat Kedutaan Jerman yang menghadap Grand Indonesia;) harganya 50.000 dapet 8 lembar) yang dua lembar ditempel di masing-masing formulir visa nasional tadi, yang satu lembar diklip aja di formulir paling depan.
5. Sertifikat tes A1 yang sudah dilegalisasi 2 lembar
6. Einladungsbrief dari Gastfamilie 2 rangkap (bisa fotokopi)
7. Vertrag dari Gastfamilie 2 rangkap (bisa difotokopi juga, tapi tandatangan di masing-masing lembar, kayak formulir yang diatas)
8.  Motivationsschreiben dan Lebenslauf 2 rangkap (sama juga kayak diatas, tandatangan belakangan)

Kalau semuanya udah oke, semua dokumen dibagi jadi masing-masing rangkap. Jadi ada 2 bundel dokumen.  Di bundelan paling depan gue klip paspor sama foto biometric yang satu lagi.

Tiba hari H. Jam 12.50 gue udah nongol di depan pagar kedutaan Jerman itu. Dan ternyata banyak orang yang lagi ngantri di luar pagar juga. Langsung aja gue kasih print out konfirmasi termin gue ke satpam. Segitu dikasih masuk, gue dan barang bawaan harus diperiksa dulu sama petugas lagi. Laptop dan Handphone gue mesti dititipin. Setelah diperiksa, gue dikasih ID yang bisa digantung di leher. Setelah udah dapet ID,  gue naik melalui tangga di luar yang langsung menuju ke bagian visa. Pertamanya gue masih cengo karena baru pertama kali masuk kesitu. Terus ada salah satu petugas yang nanyain gue mau ngapain, hahaha (menurut lo?). Gue bilang  mau bikin visa izin tinggal dan gue tunjukin print-out termin gue. Kemudian petugas itu ngecek di kertas yang dia bawa (mungkin daftar orang yang mau bikin visa hari itu), setelah dia cek daftarnya, gue disuruh tunggu di loket 4.

Berhubung barang-barang elektronik mesti dititipin, jadi kayaknya enggak akan pernah ada dokumentasi mengenai gimana bentuk itu loket visa :D

Berhubung gue enggak pake jam dan hape dititipin di pos satpam, gue enggak tahu jam berapa pasnya gue dipanggil sama petugas loketnya. Yang pasti itu enggak tepat jam 13.00 karena agak lama juga itu loket 4 baru buka. Setelah nama gue dipanggil sama petugas loketnya, gue kasih lah itu 2 bundel dokumen (untung dokumennya lengkap) cuma ada beberapa butir di formulir visa yang gue enggak tahu mesti isi apa – yang harus gue isi.

Abis itu ada beberapa dokumen lagi (dikasih sama petugasnya) yang harus gue isi nama, tanggal lahir n gue tandatanganin. Mostly ada tulisan dari dinas ketenagakerjaan Jerman, terus ada surat pernyataan juga tapi gue lupa itu surat apaan. Abis itu gue bayar biaya visa EUR 60 alias IDR 960.000 hari itu.  Selain itu gue juga mesti bikin scan sidik jari. Dibagian ini ga terlalu lama, cuma kalau  salah naro jari atau kurang tekan jarinya alias salah-salah mulu mesti diulang lagi scannya. Sehabis itu gue dikasih semacam draft permohonan visa gue (2 bundel). Dan disuruh cek lagi nama sama alamatnya udah bener apa belum. Terus gue disuruh tulis nomor hape di salah satu bundle draft itu (supaya bisa dihubungi kalau visanya udah jadi).

Habis itu waktunya interview sama si orang Jermannya (jreng..jreng..jren..) . Tiba-tiba gue teringat kalau terakhir gue ngomong sama orang Jerman itu ya pas gue ngomong sama Lukas eaaa masih aja Tab. Kemudian gue nungguin lah itu orang Jerman ga tau siapa. Eh tiba-tiba kata si petugasnya “atasan saya lagi meeting, tunggu sebentar ya”. Oh jadi yang mau interview gue itu atasannya dia. Okelah. Di bagian ini agak lama gue nungguinnya, secara perut gue udah  main orkes keroncong (pikir gue ini visa-visaan beneran kelar jam 13.30,  jadi gue sengaja makan siangnya abis urus visa aja). Tidak beberapa lama kemudian muncullah bule cowo di balik loket 4, kayaknya ini yang bakal wawancain gue, pikir gue. Dan benerlah, kemudian gue dipanggil lagi sama petugasnya dan disuruh angkat telepon yang ada di samping kaca loket biar jelas, kemudian mulailah interview yang gue tungguin itu. Btw gue sempet browsing-browsing tentang pengalaman orang yang bikin visa Aupair. Katanya pertanyaan-pertanyaan pas interview itu bakal berhubungan mengenai Gastfamilie nanti. Misalnya anaknya umur berapa, Gasteltern-nya kerja apa, dll. Jadi pas gue berdiri di depan loket gue tarolah Einladungsbrief gue di atas meja loket buat contekan, takutnya gue lupa umur anak-anak yang gue asuh pas ditanya sama si bule di interview nanti. Jadi beginilah cerita interview gue itu:

Gue lupa ada ada Anredenya apa engga jadi langsung aja ke pokok pembicaraannya
*kata-kata yang tercetak miring cuma gue ucapin dalam hati

Bule     : Warum wollen Sie nach Deutschland?
Gue     : What? Kita Siezen-an nih? Ich möchte AuPair sein. Yaelah A1 banget sik jawaban gue!
Bule     : Warum möchten Sie Au Pair sein?
Gue     : Kenapa? Sebentar..sebentar... Ähm…. ich denke, dass es eine gute Gelegenheit ist, dass man in Deutschland für ein Jahr bleiben kann. Why did you say that Tabita, why?
Bule     : Was wollen sie nachdem Au Pair machen?
Gue     : Ähmmm.. DamnI need perfect answer for this!! Ähm.. jaaa wenn ich Chance und Geld (penekanan pada kata Geld) habe, möchte ich in Deutschland studieren.
Bule     : Ach so. Studieren. Aber Sie haben doch schon studiert.
Gue     : How the hell do you know that? Ja..aa.. vielleicht ein Master Studium?
Bule     : Ach so. Wo wollen Sie dann studieren?
Gue     : I haven’t even arrived yet in Germany, why you ask that, whyyy? Ich weiß noch nicht.
Bule     : Das wissen Sie noch nicht?
Gue     : Nein
Bule     : Okay
Gue     : Schon?
Bule     : Ja, schon
Gue     : Ach so danke
Bule     :Bitte

Dan interview maha kece itu pun sebenarnya berlangsung kira-kira dua menit karena gue langsung ngejawab semua pertanyaan dia (iyalah guru bahasa Jerman gituloh eaaa). Gada pertanyaan tentang Gastfamilie, atau apapun yang berhubungan dengan anak. Hiks terus guna contekan gue apaan?

Abis interview si petugas loket balik lagi ke loket itu dan ngebalikin paspor gue sama kuitansi bayaran visa gue tadi. Katanya nanti kalau paspor gue udah jadi nanti ditelpon. Okelah mbak. Setelah itu gue langsung turun ke pos satpam dan ngambil hape sama laptop gue. Setelah gue nyalain hape, gue baru tahu kalau itu udah jam 15.00. Jadi kurang lebih 2 jam lah gue ngurus visa itu. Sangking gue udah males ke lagi makan siang, gue jalan cepet-cepet ke stasiun Sudirman sanking malesnya nanti berebut kereta sama orang yang pulang ngantor.


Tanggal 30 Juni gue ngasihtahu Nicole via Whatsapp kalau mungkin orang dari imigrasi München (kota gue nanti) sana bakal ngehubungin dia karena yang gue denger, prosedur visa Aupair tuh begitu. Jadi dokumen yang kita kasih ke kedutaan (salah satunya dari 2 bundel tadi) bakal dikirim ke imigrasi kota yang kita tuju (kotanya Gastfamilie tinggal). Terus imigrasi sana semacam ngelakuin konfirmasi lagi ke Gastfamilie dengan cara kirim surat-surat gitu ke alamat Gastfamilie (makanya gue disuruh cek, alamat Nicole dah bener apa belum sama mbak petugas loket). Terus surat-surat itu diiisi dan mungkin ada beberapa dokumen juga yang harus Gastfamilie lengkapin. Kalau udah, Gastfamilie kirim balik suratnya ke imigrasi lagi. Kalau udah lengkap dan oke, baru imigrasi sana yang nentuin visa kita udah bisa issued apa belum. Kalau udah bisa issued, baru kedutaan besar Jerman di Jakarta kemudian yang ngasih visanya di paspor kita (kalau udah jadi visanya). Jadi jangan nyari Gastfamilie jadi-jadian atau bikin Gastfamilie boongan ya. Hahaha. Proses ini sih gue cuma denger-denger doank dari teman-teman gue yang udah pernah Aupair, karena gue sendiri juga enggak nanya Nicole dia disuruh ngelakuin apa aja setelah gue apply visa. 
Setelah gue kirim Whatsapp ke Nicole masalah gue udah apply visa itu, si Nicole cuma bilang ok, das ist kein Problem.

Tanggal 2 Juli jam 9.30 gitu tiba-tiba ada telepon ke hape gue. Roman-romannnya nomor daerah Jakarta Pusat sana. Segitu gue angkat, ternyata itu dari kedubes Jerman. Pertamanya gue pikir waduh napa nih nelpon jangan-jangan ada yang kurang (soalnya yang gue baca visa izin tinggal itu jadinya 4-6 minggu, ini belum 2 minggu udah ditelpon). Ternyata oh ternyata visa gue udah  jadi yayyyy. Terus orang yang di telepon bilang kalau mau ambil hari ini, anterin paspornya sebelum jam 10 ke kedutaan. Pikir gue dia aja nelpon jam segini. Terus gue tanya boleh ambil besokannya apa engga. Dia bilang boleh. Jamnya tetap jam sebelum jam 10, dan visanya diambil lagi jam diatas jam 13.00.

Besokannya gue ke kedutaan. Sampe di sana jam  9.40 gitu. Gue bilang sama satpamnya gue mau nganterin paspor. Di tempat yang sama pas gue apply visa ada loket khusus buat nganterin paspor, ambil visa dan ngasih dokumen yang kurang pas kita apply visa. Kemudian gue kasih paspor gue ke orang di loket itu. Kata petugasnya ambilnya nanti diatas jam 13.00.

Sambil nunggu jam 13.00. Gue mejeng ke Grand Indonesia ditemenin sama sohib gue si Juju. Lumayan juga itu 3 jam nungguin visa. Tapi minimal bisa makan siang dulu. Jam 12.50 kami berdua jalan lagi ke kedubes. Kali ini sama satpamnya disuruh tunjukkin KTP karena gue bilang mau ambil visa. Setelah dikasih masuk. Gue ke loket yang tadi lagi dan dikasih des paspor yang ada visanya yayyyy!!!


Sorry yah gak bisa fotoin visanya. Ada alamat Gastfamilie tercinta di sana hohoho.

18 komentar:

  1. Halo bitha.. Kapan mulai start jd au pair di munchenny? Aku jg apply visa 31 juli lalu dan kelar 11 agustus kemarin. Skrg aku udh start jd au pair di berlin. Kalau ada kesempatan.. Kita bs travelling bareng kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Joe? Aku udah di munchen dari 1 september kemarin. Kamu cepet juga ya cuma 11 hari visanya. Iya bisa koq kita travelling bareng, aku juga rencananya kapan mau lihat2 berlin :)

      Hapus
    2. Halooo..
      Aku juga mau jadi Au-Pair di Munchen, apply visa dari tanggal 2 September kemarin tapi sampai sekarang belum jadi. Kira-kira lamaa ngga ya?? *berasa diphp sama kedutaan Jerman* Duuhhh >.<

      Hapus
    3. Hai Amoura. Sebenarnya 4-6 minggu masih wajar kok. Temenku yg apply tgl 14 agustus buat di hannover aja sampai skrg belum keluar visanya. Padahl kontrak mulai tanggal 25 september ini. Jleb banget kan. Coba kamu blg Gastfamilie kamu minta mereka telpon ke Auslanderbehoerde Muenchen untuk tanya visa kamu udh jadi apa belum dr Muenchennya. Btw kamu muenchen-nya dimananya n mulai tanggal brp nanti? Kali aja kita deket :)

      Hapus
    4. EH, boleh minta emailnya ngga?

      Hapus
    5. hei, gmn udah jadi visanya? email ku bitabitzy@gmail.com

      Hapus
  2. Hiii Bita :)
    Mau nanya, kalau Meldebescheinigung/bukti kependudukan punya Gast Familie diminta ga waktu apply visa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Firdaus
      waktu zaman aku meldebescheinigung ga diminta. Cuman kayak itu syarat baru ya? Soalnya temen-temenku yang baru mau apply visa aupair juga pada nanyain itu.

      Hapus
  3. Oooh gitu ya,
    kalau dokumen yang ada syarat meldebescheinigung itu sih tertulis diterbitinnya tanggal 10 Maret 2014...
    Apa sebenarnya emang ga dibutuhin ya? :p

    makasih banyak untuk respon dan infonya ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh. ga tau juga ya. mungkin aja ga dibutuhin, tapi sik lebih amannya tetap punya pas mau ajuin visa. kalau berkas belum lengkap, bisa sih nyusul ngasih ke kedubesnya, tapi itu dia, kalau enggak lengkap, berkasnya enggak akan dikirim ke imigrasi di di jerman. dikirimnya pas udah lengkap. setahu saya begitu :)

      Hapus
  4. Halo Tabita... Aku mau tanya, untuk apply visa untuk aupair apakah sertifikat tes A1 itu wajib ada dan wawancaranya "selalu" dalam bahasa Jerman? Aku kebetulan mau Aupair ke Jerman dan dapat host family yg ga masalah aku ga bs bhasa jerman dan nti disana br akan di kasih ikut khursus bhasa jerman. Kira2 apply visa tanpa sertifikat A1 bs ga ya?

    BalasHapus
  5. Aku juga mau Aupair ke Munchen nij,, udah urus visa tanggal 7 Sept kmaren,, tp sampe sekarang ga ada kabar dr Kedutaan..
    Masih deg.degan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Ria, kmrn aku jg udah urus visa aupair 1 okt kmrn. gmn visanya? ad email ga? mungkin bisa saling share :) dankee

      Hapus
  6. Hallo, kak mau nanya dong ada referensi buat bikin Motivationsschreiben dan Lebenslauf model nya gmna ngga ya? :) thanks :)

    BalasHapus
  7. Hi Bita, saya juga kemarin ke kedutaan tgl 28 juli kemarin tapi bel dapat kabar sampai hari ini padahal keluarga saya nanya, krn mau beli tiket pesawatnya. Saya di kota kecil dekat Frankfurt. Apakah berpengaruh dengan lama proses visa? Thanks.

    BalasHapus
  8. Hi bita. Boleh minta id line atau wa atau semacamnya?saya baru abis apply visa dan ditolak. Saya mau nanya2 seputar pertanyaan dan jawaban yg tepat untuk menjawab pertanyaan saat interview visa. Terima kasih

    BalasHapus
  9. Hi bita. Boleh minta id line atau wa atau semacamnya?saya baru abis apply visa dan ditolak. Saya mau nanya2 seputar pertanyaan dan jawaban yg tepat untuk menjawab pertanyaan saat interview visa. Terima kasih

    BalasHapus
  10. Haiii kak tabita,
    perkenalkan namaku indera dari jakarta. Mau nanya tentang Krankenversicherung hehe.. soalnya kemarin pas apply visa aku enggak mencantumkan itu karena kata host family nya itu akan di berikan pada saat kita di jerman, karena dari pengalaman dari au pair sebelumnya yang dari indonesia begitu, dia belum buat Krankenversicherung.
    Daannn setelah 2 minggu ternyata visa aku di tolak. berdasarkan surat dari kedubes itu bahwa host family tidak memenuhi kewajibannya dan tidak merespon kepada surat dari federal emplyment agency.
    Aku mau nanya/saran, apakah visa aku ditolak karena aku tidak mempunyai Krankenversicherung atau ada hal lain kah?
    Terimakasih ya

    BalasHapus